Touring Thunder, MBI Depok Sambangi Ustad Aldhi Ferdian di Jakarta Barat

MEDIAMBI – Ikhwan Muslim Biker Indonesia (MBI) Chapter Kota Depok pada hari Sabtu, 14 Jumadil Awal 1443 H atau (18/12) melakukan touring thunder ke tempat ustadz Aldhi Ferdian mengisi kajian, yaitu Masjid Nurul Falah di Meruya, Jakarta Barat.


Berangkat dari Depok jam 7 pagi, rombongan memulai perjalanannya dari jalan Raya Margonda, Depok. Hingga ke persimpangan TB Simatupang, berlanjut ke jalan Raya Pondok Indah dan akhirnya bertemu dengan member Dual-purpose mengaji di salah satu SPBU daerah Pondok Indah.

Setibanya di lokasi, ikhwan MBI Depok dengan jumlah member 25 orang yang ikut disambut hangat oleh ketua DKM. Selain itu ada juga beberapa jamuan penghangat tubuh seperti wedang jahe dan cemilan untuk dijadikan teman saat bercengkrama dengan member MBI chapter lain yang hadir.  


Sebelum memasuki bahasan tema kajian ‘Keutamaan Belajar Agama’, Ustadz Aldhi Ferdian (UAF) memberikan pembukaan dengan menyampaikan kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa’sallam yang memberikan penyambutan luar biasa terhadap para pencari ilmu yakni dengan mengatakan bahwa para malaikat membuka sayap-sayapnya hingga ke langit untuk para pencari ilmu.  

Setidaknya ada inti dari hadits yang diriwayatkan oleh At TIrmidzi adalah para malaikat yang berkeliling di atas permukaan bumi mencari orang-orang yang membahas ilmu. Dan jika sudah menemukannya, para malaikat saling memanggil lalu saling mengepakkan sayap-sayapnya sampai ke langit.


Ketua MBI Chapter Kota Depok, Tommy Gustav Utomo menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan agenda rutin MBI Depok. Pengurus mengundang seluruh member untuk mengikuti kajian dengan mendatangi langsung ustadz yang telah ditentukan setiap waktunya.

Selain MBI Depok, kajian ini dihadiri juga oleh perwakilan MBI Bekasi, MBI Jakarta, dan Dewan Suro MBI Pusat, akhi Ekky, beberapa member dari Dual-purpose Mengaji, dan El Presidente CRF 250 Rally.

“Kesan ana sangat senang saudara-saudara dari MBI Depok mau jauh datang ke masjid yang dibina oleh Ustadz Aldhi Ferdian. Ana ambil banyak pelajaran dari saudara-saudara MBI yang sangat santun, mulai dari riding dari Pondok Indah sampai lokasi kajian. Bahkan selama di masjid dan sampai pulang, maasya Allah santun dan tertib,” ungkap akhi Faisal, member Dual-Sport Mengaji.

Tidak hanya itu, sesaat sebelum kajian dimulai, semua yang hadir di dalam masjid sempat dikagetkan dengan kabar duka dari salah satu jama’ah masjid Nurul Falah. Dan setelah kajian selesai, setelah shalat dzuhur seluruh peserta kajian mengikuti shalat jenazah yang diimami oleh ustadz Aldi Ferdian.


Dalam kesempatan yang mulia ini, UAF pun menyampaikan bahwa tanda keberhasilan seorang pencari ilmu adalah ia banyak diam dan banyak istighfar. Adapun kenikmatan ‘surga’ baru akan mereka dapatkan ketika nafas sudah melewati kerongkongan ‘meninggal dunia’. Lantas ada nasihat yang baik dan patut diterapkan bagi Ikhwan pencari ilmu, yakni:

-      Jadwalkan waktu untuk belajar/ mencari ilmu

-      Koreksi Kembali diri kita, sudah mencapai level apa dalam menuntu ilmu.

Disampaikan pula bahwa uang dan harta kekayaan tidak akan sebear ilmu, nikmatnya belajar ilmu agama tidak ada duanya di dunia. Karena ia adalah bagian dari fii sabilillah. Mereka akan mendapatkan memetik hasilnya setelah kembal ke tempat tinggalnya ‘surga’.


Sebagai penutup bahasan tentang kegiatan MBI Chapter Kota Depok, izinkan kita untuk kembali mengingat bahwa jika kita ikhlas dalam meraih ilmu, maka jejak yang baik tersebut akan menjadi amal jariyah. Terputus amal manusia kecuali pada tiga hal berikut, yakni shadaqah & jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh. ##